Peningkatan pengelolaan, pengembangan, aktivitas pembelajaran, dan suasana kampus yang islami tercermin di setiap gerak dan dinamikanya yang berelevansi pada misi persyarikatan Muhammadiyah. Prinsip-prinsip manajemen modern yang berorientasi pada peningkatan proses, mutu atau kualitas lulusan, dan terserapnya alumni di berbagai lapangan pekerjaan adalah usaha Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar yang bersifat berkelanjutan. Orientasi kualitas pelayanan dan kualitas pengelolaan adalah upaya yang tiada henti dilakukan untuk menciptakan kualitas lulusan yang tidak hanya memiliki kemampuan akademik, tetapi juga mampu mengemban misi dakwah sebagai bagian dari tugas utama persyarikatan Muhammadiyah.

Mewujudkan Visi menjadi Perguruan Tinggi Islam Terkemuka, Unggul, Terpercaya dan Mandiri, Unismuh Makassar terus berupaya untuk menghasilakn lulusan yang berakhlak mulia, cakap, profesional, bertanggungjawab, dan mandiri. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi lulusan yang unggul dan berkualitas dengan cara peningkatan hard skill dan soft skill mahasiswa berupa penguasaan Iptek dan Keterampilan serta peningkatan kualitas karakter melalui Pendidikan Al Islam dan Kemuhammadiyahan dan penerapan aturan yang sesuai Standar Nasional Perguruan Tinggi adalah upaya yang harus diterapkan di semua Program Studi.

Penyelenggaraan pendidikan dan aktivitas layanannya senantiasa menjadikan Islam sebagai ruhnya. Upaya yang bersungguh-sungguh mendidik putra-putri bangsa untuk menjadi insan-insan manusia yang bukan saja unggul dalam keilmuan, tetapi juga unggul dalam keislaman. Universitas Muhammadiyah Makassar berkeyakinan bahwa insan-insan muslim harus memiliki wawasan keislaman dan keilmuan yang luas. Betapa bahayanya suatu perbuatan tanpa mendapatkan pertimbangan pemikiran secara matang terlebih dahulu. QS. Az-Zumar (39): 9 telah menerangkan hal ini yang artinya: Katakanlah: ‚Äúsamakah orang yang mengetahui dengan orang yang tidak mengetahui?. Sesungguhnya orang- orang yang berakallah yang dapat menerima pelajaran.”

Peningkatan kualitas dan mutu pendidikannya, Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar saat ini mengelola 8 Fakultas dengan 1 Program Pascasarjana dan 1 Program Doktor. Dari ketiga program tersebut terdapat 1 Prodi Diploma, 32 Prodi Strata 1, 6 Prodi Pascasarjana, 1 Program Doktor dan 2 Program Profesi. Kegiatan perkuliahan dipusatkan pada Kampus Pusat, yang terletak di Jalan Sultan Alauddin 259 Makassar.

Proses pembelajaran, Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar di beberapa jurusan telah menerapkan e-learning dan open course ware, bahkan telah melakukan sistem ujian berbasis komputer (computer based test). Mahasiswa dapat mengakses materi pemebalajaran dalam bentuk hard copy di perpustakaan dan secara online, yaitu di digital library, e-journal, skripsi online, dan Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru telah menggunakan Sistem One Day Service (ODS) atau Pelayanan Sehari (Pendaftaran-Seleksi-Registrasi) (*)