Beranda | Fakultas | Fakultas Kedokteran

Fakultas Kedokteran

Oleh
Ukuran Huruf: Decrease font Enlarge font
Fakultas Kedokteran

"Menjadi Program Studi Kedokteran yang terunggul dan terpercaya dengan luaran Dokter yang ber-Etika, bermoral Islami dan bernuansa global"

 

Sejarah Singkat
Upaya untuk mendirikan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan program studi Kedokteran di lingkungan Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar adalah merupakan salah satu usaha menghasilkan tenaga sarjana di bidang kedokteran yang berwawasan Islami dan mampu berperan secara holistik dalam mengatasi Kesehatan Masyarakat di Indonesia yang dilandasi nilai etika dan moral Islami.

Pendirian Fakultas Kedokteran Unismuh Makassar berawal dari  Kunjungan PRI Unismuh Mks.Dr. H. Abd.Rahman Rahim,SE,MM ke  Menteri Dinas Kesehatan (Mendiknas) RI Prof. Bambang Sudibyo tahun 2006 silam di jakarta.

Dari pertemuan tersebut melahirkan gagasan baru untuk mendirikan Fak.Kedokteran yang selanjutnya dilakukan berbagai pertemuan dengan pimpinan Unismuh lainnya antaranya yakni Rektor Dr. H. Irwan Akib.MPd, dan ketua BPH KH.Djamaludin Amien begitu juga dengan .dr.Budu.Ph,D kemudian dilanjutkan dengan melakukan kunjungan ke Dekan FK Unhas Dr.Irawan Yusuf serta melakukan kunjungan ke beberapa Fakultas Kedokteran Muhammadiyah di P.Jawa untuk studi Banding.

Berdasarkan gagasan pendirian FKIK maka Rektor UNISMUH Makassar Dr. Irwan Akib, M.Pd,  membentuk Tim Persiapan Pendirian Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Program Studi Kedokteran sesuai dengan Surat Keputusan Rektor Nomor: 139 tahun 2006, tanggal 21 Desember 2006 dengan susunan sebagai berikut:

Setelah melalui beberapa tahap persiapan di tingkat Universitas, seperti: Penandatangan MOU kerjasama dengan Fakultas Kedokteran Unhas dan Rumah Sakit Umum Syekh Yusuf Gowa, maka pada tahun 2007 proposal pendirian Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UNISMUH diusulkan ke DIKTI di Jakarta.

Dari hasil usulan tersebut maka pada tanggal 16-17 Mei 2008 oleh Tim KKI (Konsil Kedokteran Indonesia) melakukan visitasi ke Universitas Muhammadiyah untuk melihat kelayakan pembukaan program studi.

Alhamdulillah dengan segala rasa syukur kepada Allah SWT, pada tanggal 29 Juli 2008, keluarlah izin operasional dari Dirjen Dikti untuk Program Studi Kedokteran  dengan No. 2422/D/T/2008

visi
"Menjadi Program Studi Kedokteran yang terunggul dan terpercaya dengan luaran Dokter yang ber-Etika, bermoral Islami dan bernuansa global pada tahun 2020".

Misi

  1. Menggunakan sistem pembelajaran Problem Based Learning yang terintegrasi pada nilai yang islami dalam proses belajar mengajar;
  2. Menghasilkan dokter yang profesional dan berdaya saing mandiri, eriman dan bertakwa serta berwawasan global yang mampu berperan secara holistic dalam mengatasi kesehatan masyarakat.
  3. Menghasilkan dokter yang inovatif, unggul dan kreatif dibidang IPTEK dan penelitian kedokteran islam.
  4. Menyelenggarakan penyebaran dan penerapan IPTEK kedokteran bagi kesejahteraan masyarakat dan menyelenggarakan pengabdian pada masyarakat secara islami.
  5. Menyediakan jasa konsultasi bagi amal usaha Muhammadiyah.
  6. Mengembangkan suatu model pemeliharaan kesehatan individu yang berorientasi pada pencegahan (New Paradigm in Health), dan mengembangkan suatu “Health Complex Muhammadiyah” yang terpandang di Asia.” 

 

Tujuan Spesifik
"Mendidik mahasiswa melalui proses belajar mengajar, menyelesaikan suatu kurikulum sehingga cukup pengetahuan, keterampilan dan sikap untuk Melakukan profesi kedokteran dalam suatu sistem pelayanan kesehatan sesuai dengan kebijaksanaan umum pemerintah yang berlandaskan Pancasila"

Official Website Fakultas Kedokteran

 

Informasikan perkembangan komentar Komentar (1 Terkirim)

avatar
nadia husnaa 28/02/2013 16:30:15
salam 'alaikum,,bagaimana saya boleh mendaftar ke universiti muhammadiyah?
total: 1 | menampilkan: 1 - 1
Hanya yang beridentitas yang dapat mengirimkan komentar, silahkan daftar.
  • Email ke rekan Email ke rekan
  • Versi Cetak Versi Cetak
  • Teks biasa Teks biasa

Ditag sbg:

Tidak ada tag

Beri peringkat tulisan ini

4.09